3 Juli 2010

arti nge-Blog sesungguhnya

Postingan kali ini, saya akan membahas tentang arti Nge-Blog dan apa tujuan dari Nge-Blog itu sendiri. Sebetulnya aku mau nge-post postingan tentang hal ini sudah lama, berhubung bahan buat postingan baru sedikit jadinya tertunda.
Setelah ada salah seorang teman yang bertanya tentang hal tersebut, akupun mulai mengumpulkan bahan dari berbagai sumber dan terciptalah beberapa ringkasan berikut.
Jika Anda belum memiliki blog atau situs, atau mungkin Anda masih awam dalam hal internet,mudah-mudah postingan kali ini dapat membantu.

Demam weblog beberapa tahun terakhir ini sudah mewabah di dunia. indonesia tidak mau ketinggalan. komunitas blogger Indonesia sudah menjamur di mana-mana. Pemanfaatan Blog pun semakin berkembang. Blog yang sebelumnyadigunakan hanya sebagai online diary, sekarang justru lebih populer sebagai tempat berbagi. Dengan media Blog kita dapat berbagi apapun mulai dari berbagi pengalaman sehari-hari , pengetahuan IT, informasi kuliner, kesehatan, hingga sekedar berbagai lelucon.
Baiklah, kita kupas sendiri mengenai blog. Weblog atau web log atau blog adalah sebuah aplikasi yang berisi tulisan-tulisan yang ditulis secara periodik untuk kemudian dipublikasikan di Internet. Nah, karena mediannya adalah Internet, maka siapapun yang mengunjungi blog tersebut bisa membaca semua yang tertulis dalam blog tersebut.
Salah satu kelebihan yang dimilki Blog adalah bisa dimiliki oleh siapa saja secara gratis--berapapun banyaknya. Namun, meskipun gratisan, ternyata blog juga bisa menjadi mesin uang bagi Blogger.
Sebagai blogger, Anda memilki kebebasan untuk menulis apa pun melalui blog. Keluarga, musik, binatang kesayangan, sahabat, travellingbahkan cinta... atau apa pun itu. Anda juga bisa membuat blog untuk tujuan-tujuan tertentu mulai dari sekedar iseng, hobi, curhat, mencari popularitas, kampanye politik, atau bahkan mencari uang. Whatever.....
Mengingat manfaat yang begitu besar,tentu blog bukan hanya merupakan tern sesaat saja. Tidak hanya masyarakat biasa, perusahaan-perusahaan besar dunia pun ikut mewajibkan para pejabatnya untuk memiliki blog. Blog tidak hanya menjadi milik orang-orang yang melek teknologi, tetapi orang-orang awam yang awalnya masih gaptek pun bisa dengan mudah memiliki blog.
Wajar saja karena penggunaan blog sangat mudah. Selain itu, tampilannya tidak kaku. Dengan dukungan berbagai situs penyedia layanan pernak-pernik dan aksesoris, tampilan situs blog semakin hidup. Pernak-pernik dan aksesoris itu banyak juga yang lebih bersifat fungsional ketimbang mempercantik saja.
Hampir semua Blogger mengetahui penyedia layanan blog gratis yang satu ini : Blogger.com; tetapi sebenarnya masih banyak lagi situs penyedia layanan blog gratis. Diantaranya ada layanan dari Wordpress, Blogsome, Blogdrive, Blog.com, dan masih banyak lagi.
Setiap penyedia layanan ini mempunyai ciri khas layanan masing-masing, khususnya dalam urusan template. Ada layanan blog yang memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk memodifikasi template, bahkan membuat template sendiri. Tetapi ada juga yang benar-benar membatasi pengguan agar tidak bisa mengubah template. Lalu ada juga yang mempunyai fasilitas-fasilitas andalan yang sudah terintegrasi.
Pada dasarnya mengubah desain blog adalah mengubah templatenya; menambahkan aksesoris adalah menyisipkan kode tambahan pada template itu juga. Dan, saran saya, apapun aksesoris yang akan Anda tambahkan di halaman blog Anda, pilihlah yang memang benar-benar bermanfaat atau berguna. Jangan lupa sesuaikan juga tata letaknya. Jangan asal-asalan, yang justru mungkin akan membuat tampilan blog menjadi berantakan.

Jika Anda sering menjalajah Internet, Anda juga bisa menjumpai banyak anak muda di negeri ini yang sudah menjalankan bisnis melalui Internet. Dengan bermodal situs atau bahkan blog gratisan, mereka dapat menghasilkan hasil yang lumayan dengan berbagai cara, semisal menjual apapun yang bisa dijual.
Fenomena berikut barangkali bisa menjadi sedikit bukti bahwa blog bisa membuat kaya pemiliknya :
Marqui.com memberi imbalan $2400 dalam waktu tiga bulan untuk 20 Blogger yang mempromosikan layanan mereka.
Nick Denton, seorang pengelola Gawker Media dari New York, juga bisa meraup ribuan dollar per bulan denga hanya menjual ruang iklan di blog-nya.
Terlepas dari adanya kenyataan bahwa ada banyak bisnis online yang gagl bertahan, perkembangan dunia maya yang sedemikian pesat tersebut sempat memunculkan anggapan bahwa ekonomi baru dengan e-commerce-nya bakal menciptakan mesin uang bagi pemiliknya.
Ada banyak keinginan dan kebutuhan manusia yang dicari melalui Internet. Oleh karena itu, siapapun yang pandai mengolahnya, maka dia akan memilki peluang besar untuk menemukan ’harta karun’ yang masih terpendam tersebut.
Seperti yang dikatakan banyak orang. ”uang itu ada di mana-mana”, tetapi memang benar sangatlah tidak mudah bagi kita untuk bisa melihat, apalagi mendapatkannya. Namun, bagi seseorang yang sudah memiliki kejelian melihat peluang, dia tidak perlu lagi meminta bantuan ’orang pintar’ untuk melihat apa yang tidak terlihat tersebut.
Menurut Sawidji Widoatmadjo, paling tidak ada 10 bisnis yang akan menjadi mesin uang di masa yang akan datang yaitu e-budjet, bisnis suara, software, privaci, transmisi data, iklan rumah dan mobil, server, wireless e-mail, internet content dan solusi.

Demikian beberapa penjelasan yang dapat saya berikan. Saran saya, bila Anda bermaksud mencari uang dengan media blog, Anda harus benar-benar mempertimbangkan terlebih dahulu content yang akan Anda tulis di Blog.

Seperti kata pepatah, ”tidak ada gading yang tidak retak”, saya akan sangat berterima kasih apabila Anda bersedia member saran, kritik, masukan, atau apa pun untuk perbaikan postingan blog ini.
Terima kasih.

2 komentar:

  1. kalau aku sih buat share pikiranku
    kalau kamu ? tujuan utama lho

    BalasHapus
  2. kalau dulu saya buat sambilan.,
    namun sehabis nganggur liburan jadi ketagihan untuk treus mengupdate blog ini,bahan pun dapat di ambil dari berbagai sumber ataupun pemikiran sendiri

    BalasHapus

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.