29 Juni 2010

Perkembangan Pola Pikir Makhluk Hidup SELAIN manusia

Mungkin sudah pada tahu bahwa setiap makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Nah, kalau pemikiran otak manusia yang semakin hari semakin berkembang itu sudah hal biasa dan wajar.
Di sini aku aka membahas kemampuan berpikir hewan dalam menghadapi keaadan lingkungan sekitarnya.

Pastinya Anda pernah kan melihat film tentang ikan Hiu, yang pada film tersebut si Hiu jadi bahan percobban yang gagal atau terkontaminasi suatu bahan kimia yang menyebabkan pola berpikir si hewan berkembang tidak seperti umumnya. (bisa dikatakan tambah cerdas).
Oke, itu bila si hewan terkena dampak dari linkungan sekitarnya, namun bagaimana bila pemikiran si hewan berkembang karena beradaptasi oleh keaadan lingkungan sekitarnya.


Berikut beberapa contoh hewan yang mengalami perkembangan tingkah laku yang berada di sekitar kita :

1. Nyamuk (mosquito)
Sepertinya sudah hal biasa kalau di setiap rumah ada nyamuknya, tidak terkecuali daerah bersih, tergantung jenisnya.
Menurut pengamatan saya, semakin berputarnya waktu nyamuk-nyamuk mengalami bebrapa perkembangan tingkah laku, berikut ulasannya :

• Walaupan kita memakai sejenis lotion anti nyamuk pada kulit sebelum tidur, namun keesokan harinyapun kulit kita tetap ada bentolan kecil.
Jadi menurut pendapat saya Nyamuk menunggu waktu hingga efek dari lotion tersebut sudah habis lalu pasukan nyamuk langsung menyerbu korban.
• Ketika nyamuk menempel pada kulit, dulunya hanya dengan mengibaskan badan atau tangan, si nyamuk langsung merespon pergi, namun sekarang tidak mempan dan harus sampai memukul atau istilah nya di keplak.
• Selimutpun tidak mempan dikarenakan Nyamuk dapat menemukan celah walaupun kecil yang terbuka antara korban dan selimut dan mennghisap darah korban di balik selimit tanpa korban sadari.

Saran saya sih kalau memang ingin aman ya tidur di dalam tabung beasr yang tertutup rapat yang telah diisi tabung oksigen.

2. Semut (ant)
Sepertinya hewan ini juga sudah menjadi penghuni tetap pada setiap rumah, terlebih bila ada hal manis.
Menurut pengamatan sayapun beberapa jenis Semut mengalami perkembangan dalam pola pikir, berikut ulasannya :

• Bila dulu semut identik dengan gula, namun sekarang tidak lagi. Yang enting manis. Semisal nasi, sekarang nasi sudah menjadi target semut selain gula. Bila tempat gula tertutup rapat dan tidak dapat doterobos ada tempat nasi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa nasi sekarang tambah manis dari nasi jaman dulu, hal tersebut uang menyebabkan Semut menambah daftar buruannya.
Setelah nasi ada air putih. Entah kenapa Semut juga suka air putih semisal AQUA, munkin ini juga dikarenakan dalam benak merekan air juga manis kalau dirasakan. Kalau kita memang tidak merasakan karena hanya sedikit rasa manisnya, namun bagi mereka yang bertubuh kecil terasa amat manis. Atau mungkin juga setelah makan nasi, haus, lalu minim air putih karena sering melihat kita melakukannya.
• Semut bisa menuju ketempat yang dituju padahal untuk ketempat tersebut jalan hanya satu. Aku sampai terheran memikirkan hal tersebut terus.
• Semut semut menyebar mencari makanan. Ketika satu menemukan yang langsung menyerbu tempat tersebut.

Jadi hati hatilah dengan dengan yang Anda makan, bisa jadi telah dicicipi oleh si semut dulu.

3. Tikus (mouse)
Tikus adalah salah satu makhluk pintar dan cerdik yang populer digunakan sebagai binatang uji coba laboratorium.
Walaupun sekarang tempat tinggal Anda tidak terdapat hewan ini jangan senang dulu, karena hewan ini sangat cerdas dalam menggunakan benda disekitarnya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Berikut beberapa ulasannya :

• Dapat berpindah dari satu tempat tempat ke tempat lain, dari satu rumah ke rumah lain dengan mudah. Saya pernah melihat secara tidak sengaja seekor tikus besar berpindah dari satu rumah ke rumah lain menggunakan kabel listik tang ukuran lebih kecil dari ukuran tubuhnya dan yang lebih tidak mendukung keadaan tersebut adalah tempat tersebut berada di temapt yang tinggi.
• Tikus memiliki psikologi yang hampir mirip dengan manusia. Mereka dapat merasa stress, sedih, gembira, bahkan menyesal. Tikus juga dapat bermimpi layaknya manusia dan mempelajari hal-hal yang baru. Kecerdasannya banyak digunakan untuk mengenali berbagai jenis makanan berbahaya, penyakit, bahkan ranjau darat!
• Salah satu kemampuan yang mengesankan dari tikus bagi manusia yang pernah saya dengar adalah memecahkan labirin dengan kecepatannya, bahkan jarang sekali ada manusia yang bisa seperti itu.

Dan setahu saya seekor tikus dalam sebulan saja dapat melahirkan beratus-ratus ekor anak. Jadi bersiap-siaplah Anda berperang dengan pasuka kolonial tikus.
Bila ada kekurangan mungkin dapat Anda beritahu sehingga akan menjadikan kesempurnaan info. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.